Minggu, 08 November 2020

Lab. 19 ECMP

 ECMP adalah singkatan dari Equal Cost Multi Path yang merupakan metode load balancing yang kerjanya adalah melakukan pemilihan jalur keluar secara bergantian pada gateway, contoh kita mempunya 2 koneksi dan dengan ECMP maka kedua jalur koneksi tersebut akan dilewatkan beban yang sama. ECMP dapat membagi beban berdasaarkan perbandingan diantara kedua ISP. Namun, ECMP dengan kernel Linux forwarding table akan mengalami refresh setiap 10 menit, sehingga menyebabkan sering terjadi disconnection. 


Langkah-langkah konfigurasinya ECMP adalah sebagai berikut

  1. Kita buat ip dhcp-client terlebih dahulu aga mendapat ip dari masing-masing ISP. 
  1. Setelah itu kita juga buat firewall nat chain srcnat dengan action masquerade ke masing-masing ISP.
  1. Setelah itu kita membuat default route dengan 2 gateway sekaligus dan coba lihat apakah yang kita buat aktif atau belum dan ternyata masih belum. Karena ketika kita membuat ip dchp-client tadi sekaligus membuat ip default routnya dengan gatewaynya langsung.
  1. Agar konfigurasi default route kita tadi menjadi aktif atau bertanda AS maka kita hapus terlebih dahulu yang dynamic bawaan ip dchp-client tadi.

Dan setelah dihapus ternyata flag route default yang kita buat tadi menjadi AS. Setelah itu, kita coba lakukan trace ke google.com untuk mengetahui jalur mana yang dilewati.

Dan ternyata yang dilalui gateway pertama, setelah itu, coba lakukan trace lagi maka jalur yang dilalui akan berganti ke jalur satu nya. 


Previous Post
Next Post

0 komentar: