Kamis, 08 Agustus 2019

LAB 42 Penggunaan Action Fasttrack Conection pada Firewall

Fitur ini merupakan sebuah alternatif untuk melakukan speedboost dari trafik data. Fasttrack sendiri merupakan bagian dari fitur fastpasth yang ada di Mikrotik. Sehingga untuk menggunakan fasttrack kita harus melihat beberapa ketentuan yang menyangkut pada fitur fastpath itu sendiri. Salah satunya adalah tidak semua perangkat yang memiliki interface dengan support fastpath. 
Fasttrack bisa disebut dengan penggabungan antara fastpath dan conection tracking dan bahkan performa bisa lebih  cepat dibanding dengan reguler.
Fasttrack juga sudah support dengan NAT. Namun untuk saat ini hanya koneksi TCP dan UDP yang dapat menggunakan fasttrack. Perlu diketahui juga bahwa tidak semua paket yang koneksinya dapat diberlakukan fasttrack. Fasttrack juga akan mem bypass koneksi dari beberapa rule dan juga fitur diantaranya firewall, simple queue.
Dengan sistem tersebut, kita bisa memanfaatkan  untuk memberikan sebuah koneksi prioritas pada user tertentu. Misalnya, untuk user umum dibuatkan sebuah koneksi dengan pengaturan queue dan juga filtering akses dengan firewall. Dan kita menginginkan untuk koneksi administrator tidak perlu ada management koneksi baik queue maupun firewall. Nah, untuk kebutuhan tersebut kita bisa memberlakukan fasttrack pada koneksi tersebut.

Fasttrack connection rule
Berikut adalah konfigurasinya:
Pada IP Firewall Filter, pada tab general chainnya pilih aja forward. Dan action nya fascttrack connection


Untuk pengecekannya bisa dilihat pada tab Mangle, seperti dibawah ini.



Previous Post
Next Post

0 komentar: