Sabtu, 07 November 2020

Lab. 17 Fail Over

Fail over adalah system proteksi untuk menjaga apabila link atau jalur utama terganggu secara otomatis akan memfungsikan link cadangan. Dengan adanya jalur cadangan ini maka diharapkan agar jalur internet tetap lancar.

Dan untuk pemahaman berikut contoh implementasinya.


Dari gambar diatas bisa kita lihat router utama kita mempunyai dua jalur internet. Mengapa mempunyai dua ? karena bisa digunakan ketika yang satu terjadi kendala. Berikut contoh konfigurasinya

  1. Kita setting terlebih dahulu ISP nya dengan konfigurasi berikut. 

  2. Begitupun dengan ISP yang satunya. Jika sudah kemudian kita lakukan konfigurasi pada router utama kita. Pertama, kita setting ip secara dhcp-client terlebih dahulu agar router kita mendapat ip dari masing-masing ISP. 

Setelah itu juga setting firewall nat yang mengarah ke kedua ISP.



  1. Kemudian kita buat ip default route yang mengarah ke masing-masing ISP. Namun disini yang kita jadikan jalur utama ISP A yang memiliki gateway 1.1.1.1 dan untuk cadangannya dengan gateway 2.2.2.1 dan supaya router tidak bingung kita bedakan distance nya yang cadangan kita ubah menjadi 2.


  1. Jika sudah membuat ip default route kita coba lihat dengan mengetikan print. 

  2. Dan ternyata ip default route yang kita buat tidak aktif, karena apa ? ya, karena tadi kita menambahkan ip dhcp-client maka otomatis default route yang mengarah ke gateway tersebut juga akan secara dynamic terbuat. Untuk itu, kita hapus terlebih dahulu yang dynamic nya agar yang kita buat berjalan.


  1. Kemudian untuk mengetahui gateway mana yang dilalui, lakukan konfigurasi berikut. 

Dan ternyata jalur utama lah yang dilalui karena gateway tersebut yang aktif. Dan kita coba disable gateway tersebut agar yang dilalui memillih jalur 2.2.2.1

  1. Untuk disable gateway nya kita lakukan konfigurasi berikut. 

  2. Seperti yang anda lihat sekarang yang aktif berubah menjadi gateway cadangan, dan coba kita lakukan trace google.com untuk mengetahui jalur mana yang akan dilalui.

Oke dan ternyata melalui gateway cadangan dan itu tanda konfigurasi fail over kita berhasil.

Previous Post
Next Post

0 komentar: