Senin, 06 Januari 2020

Cara Mendistribusikan Internet Menggunakan Mikrotik

 Pada kali ini saya akan mencoba menjelaskan cara baru konfigurasi router gateway. Pada cara ini sebenarnya sama saja dengan yang biasa kita pakai, hanya saja kita kali ini mencoba melakukan konfigurasi secara static, dimana ip untuk internet kita buat secara manual. Untuk pemahaman, langsung saja pada langkah-langkah konfigurasinya :
1. Pertama, pada router untuk yang internet berada di ether 1, di ether 2 digunakan untuk client.
Dan jika kita menginginkan mengatur ip secara manual maka isikan seperti gambar dibawah.


2.  setelah itu setting DNS, ketikan saja server yang umum yaitu 8.8.8.8 dan jangan lupa centang allow remote request.


3.Setelah itu, setting Firewall Nat dengan chain srcnat, dan action masquarade.


4. Nah, setelah ini yang membedakan dari konfigurasi biasanya, jika kita biasanya mensetting secara dhcp untuk client dan dengan otomatis kita pasti sudah dengan sendiri mendapat route list yang mengarah ke 0.0.0.0/24 dengan gateway 192.168.10.254 (ip yang mengarah ke internet). Namun karena ini settingan manual, maka kita  harus menambahkan sendiri ip route nya.


5. Untuk konfigurasinya sudah selesai, untuk melihat apakah konfigurasi kita berhasil atau tidak lakukan ping terhadap google dari router.

6. Tahap terakhir, karena ini menggunakan static maka jika pc kita gunakan untuk ping ke google maka tidak akan connect karena pc belum mendapatkan ip address, maka kita harus mensetting manual juga untuk ip pc.


7. Dan coba lakukan ping ke 8.8.8.8 atau google.com. Jika berhasil maka akan TTL.


Previous Post
Next Post

0 komentar: