Senin, 16 Desember 2019

Lab 3 Administrative distance

Pada suatu routing protokol memiliki struktur metrik dan algoritma yang berbeda dengan protokol yang lainnya. Administrasi distance merupakan suatu fitur yang digunakan oleh router untuk menentukan pemilihan jalur terbaik jika terdapat dua atau lebih jalur untuk menuju ke tujuan yang sama dari dua routing protokol yang berbeda. Setiap routing protokol mendapatkan prioritas berdasarkan nilai administrative distance yang dimilikinya.

Administrative distance merupakan kriteria pertama yang digunakan router untuk menentukan routing protokol mana yang akan digunakan jika dua protokol menyediakan informasi routing untuk satu tujuan yang sama. Ini digunakan untuk mengukur tingkat keterpercayaan dari sumber informasi routing. Dan administrative distance hanya mempunyai local significant, dan tidak melakukan advertise dalam routing. Semakin kecil nilai administrative distance yang dimiliki, maka protokol tersebut akan semakin dipilih.

Sebagai pemahaman : Jika sebuah router menerima informasi routing dari dua buah protokol Open Shortest Path First (OSPF) yang memiliki nilai administrative distance 110 dan Interior Gateway Routing Protokol (IGRP) yang memiliki nilai administrative distance 100, maka router akan memilih menggunakan informasi routing yang dimiliki IGRP karena lebih terpercaya. Dan jika link dari IGRP down, maka router secara otomatis akan menggunakan informasi routing dari OSPF sampai IGRP up kembali.
Distance yang lebih kecil akan lebih diprioritaskan / diutamakan dalam pemilihan tabel routing. Route dengan distance 255 maka route tersebut adalah route yang direject oleh route filter.

Route Distance
Connected Route 0
Static Route 1
eBGP 20
OSPF 110
RIP 120
MME 130
iBGP 200
Unknown 255

Berikut contoh konfigurasi distance dalam router.


Dari gambar diatas maka dapat dilihat bahwa cara mengatur distance route dengan cara masuk dalam menu IP > Routes > Add > pada dst address isikan alamat tujuan dan beserta gatewaynya. Dan untuk distancenya isikan sesuai yang diinginkan, namun ini akan terisi dynamic 1 jika anda membuat tabel route secara otomatis, dan akan terisi 0 jika anda mengisi tabel route secara dynamic.
Previous Post
Next Post

0 komentar: