Kamis, 19 November 2020

Lab. 30 LSA

 LSA (Link State Advertisement) merupakan sebuah paket yang digunakan untuk mempertukar update informasi dalam jaringan OSPF. Untuk LSA ini akan dikirimkan melalui Link State Update (LSU) dari OSPF. Misal, ketika ada perubahan topologi maka router dalam jaringan OSPF akan mengirimkan LSU didalamnya terdapat informasi LSA.

Tipe-tipe dari OSPF sebenarnya terdapat 11 tipe LSA, namun secara umum pada OSPF V2 terdapat 7 tipe LSA. Masing-masing LSA digunakan oleh setiap router yang bergabung di area-area OSPF Network untuk melakukan update informasinya. Dan untuk tipe LSA mana saja yang digunakan tergantung dari area OSPF yang digunakan.

  1. Type 1 (Router Link) : menginformasi Router yang terhubung langsung dan kondisi Cost nya dalam 1 Area
  2. Type 2 (Network Link) : mengidentifikasi IP semua DR(Designated Router) yang terhubung dalam jaringan, memberikan informasi List semua Router yang berdekatan, LSA Type 2 dibroadcast dalam 1 Area.
  3. Type 3 (Summary Link) : meringkas kondisi subarea sebelum dikirim ke subarea lain yang masih berada dalam satu AS.
  4. Type 4 (ASBR Summary Link) : menunjukan Link-State ID  dari Router ASBR  yang mengAdvertise LSA Type 5.
  5. Type 5 (As External Link) : LSA ini mengandung Informasi yang  diimpor ke OSPF dari Proses Routing lainnya dan diAdvertise ke  semua Area (kecuali Stub Area).
  6. Type 6 (Group Membership) : Didefinsikan untuk Multicast extension to OSPF(MOSPF), LSA Type ini jarang digunakan dan juga tidak support dengan Mikrotik RouterOS.
  7. Type 7 (NSSA External Link) :  diinformasikan oleh ASBR yang berada pada NSSA, LSA Type 7 akan berubah menjadi Type 5 setelah meninggalkan Areanya melewati ABR.
Dan diantara 7 diatas ada 3 yang paling umum digunakan yaitu type 1, 2, dan 3 yakni router, network dan summary. 

 
Previous Post
Next Post

0 komentar: