Senin, 22 Juni 2020

Lab 20 Etherchannel PAGP

Etherchannel adalah suatu teknologi trunking yang digunakan oleh switch dimana sejumlah fisikal port pada device digabung menjadi satu jalur logika dalam satu buah group. Fungsinya untuk meningkatkan kecepatan koneksi antar switch, router maupun server dan jika salah satu port group akan tetap bekerja menggunakan jalur atau port yang lain.
Etherchannel juga menyediakan bandwith yang lebih banyak. 
Untuk konfigurasi etherchannel PAgP ini terdapat perbedaan pada mode yang kita gunakan, jika pada LACP kita menggunakan mode active dan mode passive pada PAgP ini menggunakan konfigurasi seperti pada gambar dibawah.



Dalam konfigurasi diatas mengapa saya mengetikkan int range? Karena untuk mempermudahkan dalam memasukkan konfigurasi untuk masing-masing interface nya jadi kita tidak perlu menyetting ulang konfigurasi yang sama di interface yang berbeda.



Setelah selesai memasukkan interface pada channel group 1 maka harus masuk ke interface channel group 1 dan mengubah mode nya menjadi trunk dan untuk konfigurasinya lihat gambar diatas.


Jika mode port pada port channel sudah diganti menjadi trunk, setelah itu kita lihat konfigurasi etherchannel menggunakan do show run.




Previous Post
Next Post

0 komentar: