Kamis, 17 Oktober 2019

Pengertian HTML

HTML, sebelumnya udah saya bahas tentang apa itu pengertiannya. Tapi ga papa lah disini saya akan mengulas kembali apa itu HTML. Sebelumnya saya mohon maaf pada kalian semua karena sudah lama tidak update materi program karena banyak nya tugas sekolah hingga terhenti sebentar pembelajarannya. Dan berhubung sekarang sudah ada waktu senggang, saya akan mencoba aktif kembali dalam belajar web programmer. 

Hm,, apasih itu HTML? Yang sudah pernah baca konten lama ku pasti tau nih apa pengertiannya. Yapss, HTML merupakan bahasa pemrograman dasar yang wajib dikuasai oleh seorang web developer. Karena HTML merupakan unsur dasar dari pembangunan sebuah website. Jika diibaratkan HTML menjadi pondasi pada sebuah rumah atau bangunan. Karena bentuk pada halaman website dibuat menggunakan HTML.

HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa formatting yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website. Di dalam dunua pemrograman berbasis website, HTML menjadi pondasi dasar pada halaman website. Sebuah file HTML disimpan dengan menggunakan ekstensi .html (dot html). Dan dapat dieksekusi atau diakses dengan menggunakan web browser. Jika dalam membuat sebuah website hanya menggunakan HTML saja maka halaman tersebut akan statis yakni tidak memiliki aksi apapun atau fungsi-fungsi yang dapat mengelola website. Oleh karena itu perlu bantuan tambahan yaitu CSS, JavaScript, dan lain lain.

Html memiliki beberapa elements yang tersusun dari tag-tag yang memiliki fungsinya masing-masing, seperti tag heading, paragraph, pembuatan form, ,tombol, list, hyperlink dan lain sebagainya.

Kegunaan HTML
HTML berfungsi sebagai sebuah pondasi halaman website. Adapun yang dapat dilakukan dengan HTML adalah sebagai berikut:
1. Membungkus element-element tertentu sesuai kebutuhan.
2. Membuat heading atau format judul.
3. Membuat tabel.
4. Membuat list.
5. Membuat paragraph.
6. Membuat form.
7. Membuat tombol.
8. Membuat huruf tebal, miring.
9. Menampilkan gambar.
10. Menampilkan video.

Sampai saat ini HTML sudah sampai pada versi 5. Pada versi ini sudah banyak sekali fitur tambahan, salah satunya memungkinkan kita untuk membuat streaming video tanpa adanya bantuan adobe flash. 
Previous Post
Next Post

0 komentar: