Kamis, 29 Agustus 2019

LAB 46 Keuntungan Menggunakan Wireless LAN

Ketergantungan bisnis terhadap jaringan dan juga perkembangan yang sangat pesat dari internet memberikan keuntungan terhadap pengembangan aplikasi dari Wireless Lan.

Terdapat beberapa keuntungan dari penggunaan WLAN, diantaranya:
1. Mobilitas Tinggi
WLAN memungkinkan klien untuk memgakses informasi secara realtime dimanapun dan kapanpun dengan jangkauan WLAN sehingga meningkatkan kualitas layanan dan produktifitas yang tidak mungkin dapat diberikan oleh jaringan LAN biasa. 

2. Kemudahan dan Kecepatan Instalasi
Instalasi WLAN sangat mudah dan cepat tanpa harus menarik dan memasang kabel melalui dinding atau atap. Kabel hanya digunakan untuk menghubungkan AP ke jaringan. Sedangkan koneksi dari station pelanggan terhubung ke jaringan via radio ( wirelessly ). 

3. Fleksibel
Dengan teknologi WLAN, memungkinkan untuk membangun jaringan pada area yang tidak mungkin atau sulit untuk dijangkau oleh kabel. Contoh penggunaan WLAN yang fleksibel yaitu mudah dideteksi bila diperuntukkan bagi bagian yang sering mengalami rotasi. Dengan WLAN apapun perubahan lokasi tidak berpengaruh.

4. Menurunkan biaya kepemilikan
Meskipun biaya investasi awal untuk perangkat keras jauh lebih mahal daripada LAN konvensional, tapi biaya instalasi dan perawatan jaringan WLAN lebih murah, sehingga secara total dapat menurunkan besar biaya pemilikan. 

5. Scalable
WLAN dapat digunakan dengan berbagai topologi jaringan sesuai dengan kebutuhan instalasi atau spesifikasi, mulai dari jaringan indenpenden yang hanya terdiri dari beberapa klien saja, sampai jaringan infrastruktur yang terdiri dari ribuan klien.

6. Produktifitas
Kapabilitas dalam hal komputasi merupakan syarat mutlak suatu korporasi agar produktifitas karyawannya dapat diandalkan. Dengan dukungan teknologi WLAN maka karyawan dapat selalu tersambung ke internet dalam keadaan mobile. Dengan dukungan perangkat mobile maka karyawan akan dengan cepat merespon kebutuhan atau komplen pelanggan.


Sumber: Buku Wifi Jaringan Komputer tanpa Kabel karya Gunadi Dwi Hantoro

Dimana ada kemauan disitu ada jalan
@enjie_press~
Previous Post
Next Post

0 komentar: